Berita Utama DINAMIKA DAERAH

Bawaslu Sulut Antisipasi Pelanggaran TSM di Pilkada

Bawaslu Sulut saat menghadiri penganugrahan bawaslu award di Jakarta lalu.
Bawaslu Sulut saat menghadiri penganugrahan bawaslu award di Jakarta lalu.

Inimanado – Bawaslu Sulut yang dinahkodai Herwin Malonda Mpd, Jhonny Suak SE Msi dan Syamsulrizal Musa Mpd, intens melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada terlebih khusus pelanggaran TSM atau terstruktur, sistimatif dan masiv. Menurut Jhonny Suak,  pelanggaran jenis ini biasanya terjadi atau didalangi oleh jajaran penyelenggaran pemerintahan yang menyalahgunakan kekuasaan dan kewenangannya.

Dijelaskan Suak, pelanggaran terstruktur adalah pelanggaran yang dilakukan secara berjenjang dan terorganisir. Dimana, komando datang dari struktur paling atas dan turun ke tingkatan yang paling bawah. Sedangkan pelanggaran sistimatis adalah pelanggaran yang dilakukan dengan cara kordinasi dan perencanaan yang sangat matang sekali dan terorganisir secara sistemik. Kemudian pelanggaran secara masiv artinya pelanggarannya menyebar ke hampir setiap tempat  pemungutan suata (TPS).

Terkai dengan hal ini Herwyn Malondan dan Musa menekankan, bahwa pihak Bawaslu Sulut sangat intens melakukan pencegahan agar supaya pelanggaran-pelanggaran ini dapat dihindari. Dan salah satu bentuk meminimalisir hal ini dilakukanlah sejumlah rapar kordinasi dan bimbingan teknis kepada penyelenggaran pemilu termasuk sosialisasi kepada penyelenggara negara agar hindari adanya pelanggaran ini.(frany)