Berita Utama PENDIDIKAN

Kiprah Prof Kumaat Pacu Kualitas Unsrat

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat

Inimanado- Selasa, (15/08). Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, yang dinakhodai Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat mampu mengibarkan nama Unsrat di Republik Indonesia.

Sepak terjang perempuan kelahiran Manado 6 Juli 1960 ini patut diacungi jempol. Pasalnya, setiap tahun jumlah Prodi atau Jurusan di akreditasi terus bertambah. Belum lagi sejumlah Fakultas yang akreditasi BAN-PT naik dari akreditasi B ke A. Jurusan yang meraih akreditasi A yakni (Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Perairan, Ekonomi Pembangunan. Ini adalah pencapaian yang baik sejak Unsrat didirikan pada 14 September 1965.

Kiprah istri Prof Hieryco Manalip ini juga, mampu membawa Unsrat menjadi salah satu Universitas yang disegani di Indonesia. Terungkap, sejumlah posisi strategis di dunia kampus pun pernah ditapaki oleh Prof Kumaat sapaan akrab Rektor Unsrat ini. Diantaranya, Ketua Program Studi S2 Teknik Sipil Pascasarjana Unsrat (2002-2007), Asesor Badan Akreditasi Nasional (2006-Sekarang), Dekan Fakultas Teknik Unsrat (2006 – 2010), Ketua Ikatan Alumni ITB (2011 – Sekarang), Tim pengajar ”Environmental Issues and ESD in Asia II”, Kobe College, Japan (2012 – 2014).

Sebagaimana diketahui, kualitas Unsrat semakin dipacu, mulai dari jumlah guru-guru besar pun dari tahun ke tahun terus bertambah. Terakhir, Prof Welly Areros yang dikukuhkan sebagai guru besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Rektor Unsrat ke-12 ini mengatakan, dirinya akan terus mengembangkan kampus ini agar bisa masuk dalam jajaran Universitas terbaik dan mampu bersaing dengan universitas lain di Indonesia. Namun, menurutnya semua itu harus ada kerja sama yang baik semua Civitas Akademik Unsrat. “Saat ini ada beberapa prodi yang lagi di akreditasi, tapi saya optimis semuanya akan berjalan baik, saya hanya menyerahkan pada Tuhan,” tutur Prof Kumaat.
(*/dyL)