Berita Utama PENDIDIKAN

Jubir Rektor Unsrat: Pendaftaran Jalur SBMPTN di Perpanjang Sampai 9 Mei

Jubir Rektor Unsrat Hesky S Kolibu
Jubir Rektor Unsrat Hesky S Kolibu

Inimanado- Bagi Masyarakat yang ingin terdaftar sebagai Mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, segeralah mendaftar. Pasalnya, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 telah diperpanjang.

Seperti diketahui, pemberitahuan semula pendaftaran SBMPTN akan ditutup pada Jumat 5 Mei, pukul 22.00 WIB. Tapi, Panitia pusat telah memperpanjang pendaftaran hingga Selasa 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Saat dikonfirmasi Wartawan, Juru Bicara (Jubir) Rektor Unsrat Hesky S Kolibu mengungkapkan, bahwa menurut surat keputusan dari Panitia Pusat SBMPTN 2017. Menurutnya, waktu pembayaran biaya seleksi diperpanjang sampai Senin, 8 Mei 2017 pukul 16.00 WIB. Sedangkan peuntasan pendaftaran SBMPTN 2017 diperpanjang sampai Selasa, 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

“Memperhatikan dinamika khususnya akses di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal dalam pelaksanaan pendaftaran SBMPTN 2017, maka panitia pusat mengumumkan secara resmi perpanjangan waktu pembayaran biaya seleksi dan pendaftaran,” ungkapnya, melansir surat Panitia pusat SBMPTN yang diterima Unsrat, Jumat (05/05).

Sebagaimana diketahui, dari data rekapitulasi panitia pusat SBMPTN 2017, tanggal 5 Mei, pukul 13.20 WIB, diantaranya: Pendaftar Reguler 595.914, pendaftar Bidikmisi 152.203, serta total keseluruhan peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 748.117 orang. Dari jumlah pendaftar itu, sebanyak 745.176 peserta telah mencetak kartu ujian. Sebagian besar pendaftar akan melangsungkan ujian berbasis kertas dan pensil. Dan, hanya 20.787 peserta yang akan menempuh ujian berbasis komputer.

Kolibu pun menghimbau, bagi pendaftar SBMPTN yang sudah membayar di bank dan belum melakukan proses penyelesaian sampai cetak kartu, agar segera memanfaatkan waktu perpanjangan ini. “Manfaatkan waktu perpanjangan ini, karena tidak ada perpanjangan lagi. Dan, untuk para peserta yang sudah mendapatkan kartu, diharapkan bisa memeriksa lokasi ujian. Setidak-tidaknya satu hari sebelum waktu ujian,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan ujian tulis dan keterampilan akan digelar 16-18 Mei mendatang, serta pengumuman kelulusan pada 13 Juni 2017.

Dari informasi yang dihimpun, prosedur pendaftaran jalur SBMPTN dilakukan secara online. Secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Serta, tata cara pengisian pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat diunduh (download) dari http://download.sbmptn.ac.id.
(dyL)