Berita Utama PEMERINTAHAN POLITIK

DPRD Sulut Berkomitmen Menolak Import Cengkih dan Berupaya Menaikan Kembali Harga Cengkih

fb_img_1473749774198

IniManado – Wakil Ketua DPRD SULUT   Vreeke Runtu, Wenny Lumentut, Anggota Komisi II bersama dengan Perwakilan Petani Cengkih Sulut menggelar Rapat lanjutan pada Selasa (12/09). Rapat lanjutan guna mencari solusi terkait dengan harga cengkih yang semakin rendah harganya mengundang reaksi dari para Petani Cengkih yang menginginkan agar import cengkih segera dihentikan

“Kami meminta kepada Gubernur dan Pimpinan DPRD agar segera menghentikan import cengkih. Karena menurut kami, itu salah satu persoalan utama kenapa harga cengkih di Sulut semakin anjlok,” seru para petani cengkih.

Tak hanya itu, Marlon yang juga salah satu perwakilan petani meminta agar membuka pembelian langsung ke petani dan tidak melalui pabrik.

“Saya mewakili suara para petani cengkih meminta agar pembelian cengkih langsung ke petani dan bukan melalui pabrik. Karena melihat kondisi sekarang bahwa banyak para petani yang sebelumnya menjadi pemilik kebun cengkih sekarang hanya jadi pemetik cengkih, dikarenakan kebun mereka terpaksa dijual. Semoga permasalahan ini menjadi prioritas DPRD untuk diperjuangkan,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Sulut Stevanus Vreeke Runtu berkomitmen untuk menolak import cengkih, karena ini menyangkut kepentingan serta menjamin kesejahtraan para petani cengkih.

“Kami sudah komit, akan menolak import cengkih dan akan berupaya untuk menaikan kembali harga cengkih” ucap SVR. (antomochtar)