Berita Utama PEMERINTAHAN

Dandes Tahap I, Iroth Prioritaskan Kelancaran Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kumtua Jantje Iroth saat memantau proses pembuatan akses jalan Poskesdes
Kumtua Jantje Iroth saat memantau proses pembuatan akses jalan Poskesdes

INIMINSEL- Selasa (23/05), Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), khususnya Pemerintah Desa Wuwuk Barat yang dipimpin Hukum Tua (Kumtua) Jantje Iroth, terus melakukan terobosan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Suasana saat proses pembuatan akses jalan Poskesdes sedang berlangsung
Suasana saat proses pembuatan akses jalan Poskesdes sedang berlangsung

Hal itu terungkap saat di konfirmasi Wartawan inimanado.com, bahwa Kumtua Wuwuk Barat yang disapa akrab Iroth ini mengharapkan kelancaran pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya terus memperjuangkan pelayanan kesehatan masyarakat, karena Warga sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang cepat. Untuk itu, Saya telah memprioritaskan pembangunan akses jalan Pos Pelayanan Kesehatan Desa (Poskesdes) melalui Dana Desa (Dandes) tahap I,” ujar Iroth.

Untuk ketahui, Dandes tahap I sudah diterima Pemerintah Desa (Pemdes) Wuwuk Barat dengan total sekitar 450 Juta. “Ya benar, Pemdes telah menerima Dandes tahap I sekitar 450 Juta. Wujud dari itu, pembangunan yang sementara dilaksanakan sesuai dengan skala prioritas warga wuwuk barat yaitu akses jalan Poskesdes,” tutur Iroth.

Lanjut dikatakan Kumtua yang murah senyum dan transparansi kepada masyarakat ini, ada beberapa pembangunan yang telah diterapkan Pemdes melalui Dandes tahap I. “Perealisasian Dandes tahap I, diantaranya: pembangunan, talut jalan poskesdes pajang 144 meter, rabat beton panjang seratus 60 meter, pengaspalan jalan yang kurang lebih 660 meter, serta pemasangan paving diempat titik
jaga II hingga jaga V dengan panjang kurang lebih 660 meter dan lebar 3 meter.

Iroth pun mengungkapkan, sangat tepat program Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait pembangunan dari pingiran dengan Dandes. “Oleh karena itu, Saya mewakili warga wuwuk barat mengharapkan kedepan Dandes dapat ditambahkan jumlahnya, karena masih banyak kebutuhan disetiap Desa se-Minsel,” ungkap Iroth.

Tambahnya, patut kita mengapresiasi terobosan Pemerintah Kabupaten Minsel yang dinakhodai Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Fanky D Wongkar, yang selalu senantiasa bekerja keras dan mengambil langka step by step untuk mewujudkan Minsel hebat dan terdepan.
(*/bless)