Berita Utama PENDIDIKAN

Kwalitas Pengelolaan Keuangan Unsrat Masuk BLU

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat bersama Tim BLU
Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat bersama Tim BLU

Inikampus- Komitmen dan Konsisten dalam memacu perbaikan kualitas pendidikan makin terlihat di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, yang dipimpin Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat.
Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat saat berdiskusi dengan Tim BLU
Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat saat berdiskusi dengan Tim BLU

Pasalnya, Unsrat telah maju dalam konteks Pengelolaan Keuangan (PK) Badan Layanan Umum (BLU). Menurut Rektor Unsrat melalui Juru Bicara (Jubir) Hesky Kolibu, bahwa sekarang posisi Unsrat sudah berada pada tingkat BLU. Dan hal itu telah sah ditandai dengan adanya surat bahwa Unsrat sudah melaksankan PK BLU. “Hari ini, surat resmi dari Menteri Keuangan Republik Indonesia yang bernomor 167, telah dimeja rektor,” ujar Kolibu, Selasa (07/03).

Sebagaimana diketahui, untuk tingkat pengelolaan keuangan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ada tiga tahapan kwalitas pengelolaan keuangan. Diantaranya, tahapan PK dalam bentuk Satuan Kerja (Satker), Badan Layanan Umum (BLU), dan Badan Hukum (BH).

Lanjut dikatakannya, hal ini patut diapresiasi, karena Unsrat telah diberikan kepercayaan berharga. Namun tak bisa dipungkiri, ini akan menjadi tantangan bagi pihak Unsrat. Karena, Unsrat masih kategori masa transisi. “Kini Unsrat sudah ada kepercayaan besar, sekaligus juga tantangan besar ke depan yang patut disyukuri bersama,” cetus Kolibu.

Tambahnya, perubahan status PK BLU adalah hasil kerjasama tim. Karena tidak gampang perubahan status dari PK Satker ke BLU. “Kepercayaan ini adalah buah manis dari kerjasama semua jajaran pimpinan dan staf Unsrat,” tutur Kolibu.

Jubir Rektor Unsrat ini pun berharap, dengan adanya perubahan status saat ini, semua elemen saling bekerjasama dan kompak memajukan perguruan tinggi yang menjadi kebanggaan warga Sulawesi Utara ini. “Semoga ke depan, diharapkan tetap solid dan kokoh bersatu membangun Unsrat yang mandiri, maju dan berkembang sesuai kemajuan jaman, mampu mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi untuk terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing, unggul dan berbudaya,” pungkas Kolibu.
(dyL)