Berita Utama DINAMIKA DAERAH

Jabes Gaghana Gantikan Makagansa Ketua Golkar Sangihe

Jabes Gaghana Wakil Bupati Sangihe yang telah pamitan di PDIP Sulut
Jabes Gaghana Wakil Bupati Sangihe yang telah pamitan di PDIP Sulut

Inimanado – Politik memang sulit ditebak dan sangat dinamis. Setelah meninggalkan PDIP Sangihe secara formal, Jabes berlabuh diberingin dan dikabarkan akan menjadi Plt Ketua Golkar Sangihe menggantikan OK Makagansa Ketua Golkar Sangihe yang tidak lain adalah kakak dari Bupati Sangihe HR Makagansa yang telah ditunjuk sebagai Plt DPC PDIP Sangihe.

Selain karena masalah kakak kandung dari Ketua Plt PDIP Sangihe ini, OK Makagansa juga kena dengan juklak 05 tahun 2016 DPP Partai Golkar yang melarang, ketua partai tidak boleh memiliki saudara (kakak atau adik) sebagai ketua partai di luar dari Golkar.

Vian Walintukan mengakui, bahwa masalah ini menjadi catatan penting DPD Golkar Sulut. Sebab Makagansa sudah kena dengan juklak partai. Ketua Bapilu Golkar Sulut Viktor Rompas juga mengakui masalah ini sedang dalam pembahasan partai. Dan soal siapa yang nantinya ditunjuk sebagai Plt Golkar Sangihe dia belum mau mengungkapkannya. Alasannya itu adalah kewenangan DPP. “yang pasti ada kejutan buat Pilkada Sangihe,” ujar Rompas.

Sebagaimana diketahui, belum lama ini Jabes Gaghana telah menghadap Ketum DPP Golkar Setya Novanto. Pertemuan ini selain silahturahmi juga minta restu untuk dicalonkan golkar.(franny)