Berita Utama LIPUTAN KHUSUS PEMERINTAHAN

Walikota Manado Lepas Gerak Jalan Ribuan Pelajar Sulut di Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut melepas gerak jalan ribuan pelajar se Sulut pada perayaan Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan KONI Sario
Walikota Manado GS Vicky Lumentut melepas gerak jalan ribuan pelajar se Sulut pada perayaan Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan KONI Sario

Inimanado– Setali dua koin. Filosofi itu setidaknya menggambarkan peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, Rabu sore tadi yang digelar di Lapangan KONI Sario antara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (OD) dan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL).

20160602014221-test

Gubernur OD menjadi Inspektur Upacara (Irup) hari Kelahiran Pancasila ke 71 yang dihadiri Wagub Steven Kandouw. GSVL pun dipercayakan Gubernur melepas gerak jalan ribuan pelajar se Sulut di penghujung acara.

Gubernur OD mengatakan, momentum peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini, bersama mewujudkan kemerdekaan. “Mari memaknai hari lahir Pancasila sebagai momentum bersatu bergandengan tangan, bergotong royong dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan guna membuktikan Pancasila,” kata OD.

20160602014232-test

Dia menambahkan makna membuktikan “Bhineka Tunggal Ika” bukan hanya slogan semata, akan tetapi merupakan tonggak Bangsa Indonesia dalam menjalani serta memaknai hidup dan kehidupan.

“Sepatutnya kita mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno dalam menerapkan nilai-nilai terkandung dalam 5 sila dalam Pancasila,” ujar OD.

20160602014200-test

Sementara GSVL mengatakan, Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti kegiatan atau usaha terencana bangsa Indonesia yang terus-menerus dan berkesinambungan mewujudkan kehidupan yang lebih baik berdasarkan kerangka berpikir Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi Irup Hari Kelahiran Pancasila ke 71, Rabu 1 Juni di Lapangan KONI Sario
Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi Irup Hari Kelahiran Pancasila ke 71, Rabu 1 Juni di Lapangan KONI Sario

“Pancasila adalah dasar dan ideologi negara Indonesia yang harus diketahui generasi penerus bangsa. Untuk itu wajib bagi kita untuk melestarikan dan membumikan Pancasila itu,” pungkas Wali Kota Manado dua periode ini. (***)