Berita Utama

Wanda Turangan Gagas Gerakan Nasional Anti Narkoba Indonesia (GARDA)

JAKARTA – Di dorong oleh keprihatinan terkait maraknya peredaran Narkoba di Indonesia membuat Wanda N Turangan MPd yang saat ini duduk sebagai Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Daerah Provinsi Sulawesi Utara periode 2023-2028 ini menggagas Gerakan Nasional Anti Narkoba Indonesia (GARDA)

Menurut Wanda panggilan akrabnya, narkoba adalah racun bangsa yang merusak anak anak bangsa di semua elemen dan semua level kehidupan dan baik pejabat maupun non pejabat. Untuk itu membutuhkan gerakan bersama di semua komponen bangsa dalam upaya Indonesia menuju bebas Narkoba.

Dia menambahkan, sasaran yang rentan adalah kaum milenial remaja dan kawula muda, sehingga di masa transisi mereka tunas bangsa ini wajib di jaga di lindungi dari bahaya narkoba.

Atas dorongan keprihatinan ini, maka wanita yang berlatar belakang guru dan dosen ini beserta kawan kawan di Jakarta sepakat untuk angkat bendera perang secara nasional terhadap bahaya Narkoba.

Dia mengaku sudah ada kepengurusan yang terbentuk di beberapa provinsi terkait gerakan bersama ini. “Mereka memiliki rasa yang sama untuk berperang terhadap ancaman Narkoba, jadi kita sama sama menggerakan wadah bersama ini sebagai bagian penyelamatan anak bangsa,” ujar Wanda yang menjelaskan kepengursan ini sudah terbentuk di Papua Barat Daya, Papua, Kalimantan, Aceh, Sulawesi Utara dan sebagian provinsi di pulau Jawa.

Dia menambahkan dalam dekat ini juga Pengurus Pusat GARDA akan mengagendakan kunjungan ke Kementrian Hukum dan HAM RI dan audiens dengan Badan Anti Narkoba Indonesia di Jakarta serta sejumlah kementrian terkait lainnya termasuk Mabes Polri, Kemendagri dan Kementrian Pendidikan.