Berita Utama PENDIDIKAN

Kumaat Kukuhkan Dokter Spesialis Faked

Suasana saat di pelantikan Dokter spesialis Faked Unsrat
Suasana saat di pelantikan Dokter spesialis Faked Unsrat

Inikampus- Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar rapat terbuka Senat Fakultas Kedokteran (Faked) dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Dokter Spesialis (Dokter dan Dokter Gigi), yang berlangsung di Manado Convention Center (MCC), Selasa (23/05).

Pada kesempatan itu, dalam sambutan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, bahwa pengambilan sumpah ini mengikat profesi Dokter untuk selalu memberikan yang terbaik tanpa memandang suku, ras, agama ataupun keanggotaan partai politik. “Dalam profesi dokter, seorang dokter harus mempunyai rasa percaya diri atau self – confidence yang tinggi ketika mengumpulkan informasi penyakit pasien, mengklasifikasi dan melakukan analisa sampai pada penentuan tindakan yang tidak jarang berada dalam situasi yang kritis serta penuh resiko,” ujarnya.

Rektor perempuan pertama di Unsrat ini berharap, semoga para lulusan yang telah di lantik dan di ambil sumpahnya pada hari ini, akan selalu mengingat sumpah dan janji kalian sebagai harga mati yang membuat profesi ini mulia dan berwibawa.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) melalui Kepala Bapelitbang Provinsi Sulut dr Jemmy Lampus M.Kes mengatakan, Fakultas Kedokteran Unsrat kembali menunjukkan eksistensi sumbangsih dalam mencetak SDM potensial di sektor kesehatan dengan adanya pelantikan ini. “Gubernur mengharapkan kualitas dan kuantitas SDM di bidang kesehatan ini, mampu memenuhi kebutuhan pembangunan bangsa dengan adanya pelantikan ini,” tandasnya.
(*/dyL)