Berita Utama PENDIDIKAN

Prof Kumaat Perangi “Joki Maba”

Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat
Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat

Inikampus- Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang dikomando Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, kembali menegaskan bahwa tidak ada perantara dalam perekrutan Mahasiswa Baru (Maba) alias Joki Maba.

Seperti dikatakannya beberapa waktu lalu, dipenerimaan Maba Tahun 2017 ini, tidak ada namanya Joki Maba atau perantara dalam perekrutan Mahasiswa Baru, alias tidak ada toleransi bagi anak-anak staf maupun Dosen. Kalau memang calon Maba berprestasi dan mengikuti ketentuan Tes yang berlaku di Unsrat, maka dipastikan lolos tercatat sebagai Mahasiswa Unsrat.

“Unsrat tidak pilih kasih di penerimaan Maba, biarpun anak-anak Dosen atau staf, tidak ada toleransi. Kalau memang calon Maba berprestasi dan mengikuti ketentuan Tes yang berlaku, maka Saya pastikan lolos. Intinya, Unsrat tidak menerima Calon Maba yang memiliki Joki,” tegas Prof Kumaat, saat konferensi Pers Sosialisasi SBMPTN beberapa waktu lalu.

Lanjut dikatakan Srikandi Unsrat ini, Unsrat telah membuka pendaftaran Maba jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk itu, semoga setiap peserta yang ikut Tes jalur SBMPTN, dapat mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Untuk pendaftaran jalur SBMPTN telah dibuka. Saya ingatkan jangan ada Joki Maba, karena kalau kedapatan pasti ditindak tegas dengan menggurkan peserta tersebut,” pungkas Prof Kumaat.

Dari informasi yang diperoleh, prosedur pendaftaran jalur SBMPTN dilakukan secara online. Secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Serta, tata cara pengisian pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat diunduh (download) dari http://download.sbmptn.ac.id.

Sebagaimana diketahui, dari tanggal 11 April Unsrat telah membuka pendaftaran Mahasiswa Baru jalur SBMPTN. Serta, 5 Mei menjadi tanggal penutupan jalur SBMPTN.
(dyL)