Berita Utama DINAMIKA DAERAH EKONOMI PEMERINTAHAN POLITIK

Fasilitas Negara Berbandrol Milyaran Rupiah Dirusak PT Karunia Kasih Indah (KKI), Tuuk: Pemerintah Harus Turun Tangan

20170309_145447

Inimanado.Com, Bolmong – Warga Bolangat Timur,
Kecamatan Santobolang , Kabupaten Bolangan Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, keluhkan saluran irigasi yang tidak dapat berfungsi lagi.

Irigasi tersebut rusak karena adanya aktifitas PT. Karunia Kasih Indah (KKI). Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit.

Seperti diketahui irigasi tersebut menggunakan uang Negara sejak tahun 2015 dengan anggaran 3,4 Milyar, serta pada tahun 2016 anggaran mencapai 9,6 Milyar, semua itu diperuntukan untuk mengairi sawah milik warga.

20170309_151213

Menurut warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, semenjak adanya kebun kelapa sawit milik PT. Karunia Kasih Indah (KKI), irigasi menjadi rusak,bukan hanya itu, sawah milik warga sudah diserobot perusahaan tersebut.

” Bagaimana air bisa mengalir, irigasinya sudah rusak serta lahan sawa yang menjadi penghasilan utama kami diserobot oleh perusahan tanpa ada konsultasi dan alasan yang jelas,” jelas warga.

Permasalahan itu juga diketahui, saat Anggota Komisi I, DPRD Sulut James Tuuk, saat terun lapangan dengan jelas didapati irigasi tersebut sudah tidak berfungsi lagi dan mengalami rusak parah.

” Ini jangan dibiarkan, sebab irigasi ini dibuat dengan anggaran yang besar, agar warga dapat mengerjakan sawahnya dengan baik, diharapkan pihak Pemerintah harus menangani permasalahan ini dengan serius,” geram James Tuuk, saat itu didampingi Asisten I Pemkab Bolmong, Sangadi Bolangat, Camat Santobolang serta puluhan warga setempat.

(antomochtar)