Berita Utama HUKRIM MANADO

Hut Bayangkara Ke 74,Wagub Sulut Didampinggi Kapolda Serahkan Penobatan 3 Personil Polisi Teladan

Hut Bayangkara Ke 74,Wagub Sulut Didampinggi Kapolda Serahkan Penghargaan

Manado – Inimanado.com.Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandou menghadiri Hari Bhayangkara ke-74, sekaligus menyaksikan penobatan 3 personil Polri (dari Bintara) menjadi Polisi Teladan.

Mereka adalah juara 1 Brigadir Polisi Andika E. Amisi dari Polsek Kabaruan Talaud, juara 2 Aipda Jumli Lintuhaseng dari Polsek Maesa Bitung dan juara 3 Aiptu Denny Kosakoy dari Polsek Tondano Minahasa.

Piagam dan piala Polisi Teladan diserahkan langsung Wagub Sulut Steven Kandouw didampingi Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa dalam sebuah acara Syukuran Hari Bhayangkara ke-74, di aula Catur Prasetya Mapolda Sulut, Rabu (01/7/2020).Pagi

Kapolda mengatakan, kriteria menjadi Polisi Teladan itu harus rajin dan memiliki karya yang ia berikan kepada masyarakat.

“Penilaian dilakukan dari Polsek, dilanjutkan ke Polres dan selanjutnya ke Polda,” ujar Kapolda.

Seorang polisi teladan harus berintegritas tinggi, polisi yang hadir di tengah masyarakat, harus membuat masyarakat senang.

“Jangan sebaliknya, kalau polisi datang, masyarakat justru lari. Kalau ada polisi nakal seperti itu, kita akan perbaiki dan itu harus dimulai dari pimpinan. Pimpinan harus memberikan contoh yang baik,” kata Kapolda.

Jawara Polisi Teladan Polda Sulut Brigpol Andika Amisi adalah anggota Polri lulusan Pusdik Polair Pondok Dayung Jakarta tahun 2008.

“Menjadi Bhabikamtibmas dari 2017 dan pada akhir tahun 2019 merintis klinik Bhabinkamtibmas,” ucap Andika.

Klinik Bhabinkamtibmas yang ia rintis, melayani pelayanan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan secara gratis bagi 4 kategori, yaitu lanjut usia, anak yatim piatu, penyandang disabilitas dan keluarga yang tidak mampu.

Klinik Bhabinkamtibmas ini katanya dibantu oleh isterinya yang juga seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Kabaruan, bersama beberapa keluarga dekat.

“Pelayanan Klinik ini dibuka sebulan sekali di desa binaan, dan melayani masyarakat desa secara gratis,” katanya.

Iapun berharap Klinik Bhabinkamtibmas yang ia rintis ini, yang menggunakan dana pribadi, mendapat dukungan dari instansi terkait lainnya.

“Saya sangat bersyukur mendapat penghargaan luar biasa dari institusi, namun ini menjadi cambuk buat saya pribadi untuk kedepan dapat memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat,” ujar Brigpol Andika.

Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dihadiri unsur Forkopimda Sulut,Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Kabid Humas Kabid Humas Polda Sulut Jules Abraham Abast SIK dan Jajaran PJU Polda Sulut (Herman)