Berita Utama PENDIDIKAN

TUMIPA : SULUT SIAP MENJADI TUAN RUMAH OSN

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara lewat Dinas Pendidikan (Dikda) akan menggelar ivent Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2019 di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon mulai tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019 akan dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy di Grand Kawanua Convention Center pada tanggal 1 Juli 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut dr.Liesje G.L.Punuh, M.Kes menuturkan, peserta OSN utusan Sulawesi Utara ini telah mengikuti tahap seleksi di kabupaten/kota hingga ke tingkat Provinsi. “Sehingga, mereka yang ada di sini adalah yang terbaik dari yang terbaik,” tuturnya. Dr. Grace menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya memotivasi, sekaligus mengembangkan prestasi siswa. “Kita pun jadi tahu mereka yang punya potensi dan kemampuan di mata pelajaran yang dikuasai.

Sementara itu Ketua Panitia Arthur Tumipa Mpd mengatakan OSN SMA 2019 ini akan diikuti 1073 siswa serta pendamping,juri dan panitia Pusat,peserta utusan sulut sebanyak 26 siswa.

Ditambahkan Tumipa OSN akan melombakan 9 mata pelajaran yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika, astronomi.

Di jelaskan adapun lokasi pelaksanaan OSN di SMA Eben Haezar Manado,SMAN 1 Manado, SMAN 9 Binsus Manado,SMA Rex Mundi Manado,SMA St. Nikolaus Tomohon,SMA MIS Kolongan, SMKN 1 Manado dan SMKN 2 Manado.

Peserta juga akan diajak mengikuti Kegiatan Wisata edukasi bagi seluruh peserta yang akan mengunjungi Danau Linow dan Bukit Doa di Kota Tomohon.

Tumipa menghimbau agar para guru dan Kepala Sekolah yang menjadi panitia agar mensukseskan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk menjadi tuan rumah yang baik
.
Ini lokasi lomba OSN :

1.Matematika & Astronomi di MIS Minut

2. Biologi di SMA Kristen Ebenhaeser Mando

3. Fisika di SMA Negeri 9 Manado

4. Kimia di SMA Negeri 1 Manado

5. Informatika/Komputer di SMA Katolik Rexmundi Manado

6. Geografi di SMK Negeri 1 Manado

7. Ekonomi di SMK Negeri 2 Manado

8. Kebumian di SMA Lokon Tomohon

Penulis Herman.Tampongangoy.