Berita Utama DINAMIKA DAERAH

Semuel Lapod: Dandes Bantuan Pemerintah Pusat Sangat Bermanfaat Membangun Desa

b378900b-9062-4f85-b0ae-298675ef2570
INIMINSEL-Pemerintah Desa Pinamorongan yang dipimpin oleh Hukum tua Semuel Lapod,ketika ditemui oleh awak media ini terkait dengan penggunaan Dana Desa bantuan langsung Pemerintah Pusat tahun anggaran 2018.

Lapod menyampaikan teknis pencaiaran Dana Desa 2018 untuk pembangunan disetiap Desa yang ada diKabupaten Minahasa Selatan sala satunya Desa kami ini, berdasarkan aturan Permenkau PMK 225/PMK.07/2017 adalah tiga tahap 20% -40%-40%.

Selanjutnya Lapod mengunkapkan Dana Desa program Pemerintah Pusat untuk membangun Desa sangat bermanfaat,dan ini hal positif keberpihakkan Pemerintah Pusat bagi Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dengan adanya Dana Desa akan terlaksana bangunan fisik, pemberdayaan bagi masyarakat untuk menunjang peningkatan ekonomi,dan dampak positifnya menurunkan angka pengangguran, ucap Lapod.

Perlu diketahui dengan program padat karya secara otomatis memberikan ruang,memaksimalka tenaga bekerja masyarakat sebaik mungkin, dimana bagi masyarakat yg kurang mampu dapat kesempatan untuk bekerja,bahkan disabilitas yang mengalami ganguan fisik kami berikan kesempatan untuk bekerja sehingga program ini benar-benar memeberikan keadilan,serta meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat.
Ilustrasi-penjualan-kupun-judi-togel-radaronline.id_-1
Oleh karena itu pencairan 20% pertama ini kurang lebih 138 juta rupiah,kami prioritaskan untuk akses jalan pemasangan paving block menuju lahan pekuburan dengan panjang 145 m lebar 3,60cm,kegiatan ini dilibatkan bukan hanya unsur pria tapi juga wanita dengan kapasitas pekerja 24 orang dan upahnya perhari 120 ribu.

Pencairan tahap satu juga ini ada kegiatan program lainnya yang akan kami lakukan yaitu: peningkatan kapasitas masyarakat pelatihan teknologi tepat guna,pemberdayaan posyandu makanan tambahan bagi balita serta vitamin untuk lansia itu yang akan kami lakukan pada tahap pertama,jelas Lapod.

Tahap ke2 dan 3 akan dilaksanakan pembangunan yang lebih besar lagi yaitu:akses pertanian,perkebunan agar dapat berkembang serta Bumdes sehingga Desa dapat merasakan hasil sendiri,dan kami akan memberikan penyertaan modal 45 juta pada tahun 2018 dan harapan Bumdes ini dapat berkembang untuk berdayakan usaha ekonomi Desa mengingat kami adalah warga petani kopra,cekih dan pala wija.

Hukum tua Samuel Lapod mewakili masyarakat pinamorogan pada kesempatan siang kemarin rabu/6/6/18 dilokasi yang sedang melaksanakan pekerjaan,berharap kepada Pemerintah Kabupaten,Propinsi dan Pusat program ini kiranya dapat berlanjut terus,sehingga pembangunan disetiap Desa diKabupaten Minahasa Selatan semakin nampak dan dirasakan oleh masyarakat.

Ungkapan terima kasih terucap oleh Hukum tua Semuel Lapod bersama masyarakat pinamorongan,kepada Pemerintah Pusat,Propinsi,terutama Pemkab Minsel serta Dinas terkait dimana telah berupaya melakukan terobosan sehingga 167 Desa diMinsel mendapat bantuan Dandes langsung dari Pemerintah Pusat anggaran 2018 untuk mengisi pembangunan disetiap desa.

Banyak selamat kepada pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang dipimpin Ibu Bupati Cep & Wakil Bupati FDW, yang telah mencapai WTP penggunaan anggaran 2017 sehubungan dengan itu kami pemerintah desa harus mendukung
dan transparan penyerapan Dana Desa dan dapat dipertanggung jawabkan,serta menjaga WTP yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan,ungkap Lapod.
(*bless)