Berita Utama DINAMIKA DAERAH LIPUTAN KHUSUS PEMERINTAHAN

Peringatan HPSN 2018,Bupati Tetty Paruntu Deklarasikan Minsel Bersih Sampah

tetty-minsel
INIMINSEL-Jumat/23/2/2018 Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr.Christiany Eugenia Paruntu SE mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), tahun 2018,yang
dipusatkan di icon wisata Im Amurang, kawasan Boulevard, Kelurahan Uwuran Satu Minsel

Bupati Tetty Paruntu dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya dalam mewujudkan masyarakat yang bersih, sehat dan nyaman.

Hal itu dibuktikan dengan mengacu pada Undang-undang nomor 18 tentang pengelolaan sampah serta Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2013 tentang sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga dan Peraturan Presiden 97 tahun 2017 tentang kebijakan nasional penanganan sampah arumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.
tetty-minsel2
Di Kabupaten Minahasa Selatan sendiri kita telah memiliki gerakan CEP-FDW atau Clean Enviromental Program For Districts Wellness, ungkap Tetty Paruntu.

Selanjutnya Paruntu menjelaskan impian dan harapan akan Indonesia bersih sampah hanya dapat diwujudkan dalam diri masing-masing melalui tindakan nyata dengan membiasakan budaya hidup bersih,buang sampah pada tempatnya dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
tetty-minsel3
Dalam kaitan itu, hari ini saya mencanangkan dimulainya kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 Kabupaten Minahasa Selatan serta bersama-sama kita mendeklarasikan Minsel Bersih Sampah, karena kitalah yang harus menjadi aktor utama dalam perwujudan budaya bersih dan sehat,cetus Tetty Paruntu.

Harapan Bupati Tetty Paruntu hal itu tidak akan sulit jika dilakukan bersama-sama dan tidak akan rumit jika dimulai dengan komitmen dari diri masing-masing.

Kiranya momentum ini bisa menjadi tonggak perubahan demi mewujudkan Minahasa Selatan yang bersih dari sampah dan demi mewujudkan masyarakat yang sehat, maju hebat dan terdepan, tandasnya.
tetty-minsel4
Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan dukungan peduli sampah oleh Bupati serta undangan yang hadir di banner yang membentang sepanjang 20 meter.

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah antara Pemerintah Kabupaten Minsel dengan Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub-RI) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub-RI.
tetty-minsel5
Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pengembangan SDM Kemenhub-RI Djoko Sasono, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kemenhub-RI I Nyoman Sukayadnya, Sekda Danny Rindengan, unsur Forkompimda Minsel, Wakil Ketua DPRD Franky Jirro Lelengboto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut serta pejabat jajaran Pemkab Minsel.
(bless)