Berita Utama PENDIDIKAN

Prof Kumaat Tegaskan Unsrat Alergi Calo Maba

Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat
Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat

Inikampus- Selasa, (16/01). Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, dibawah kepemimpinan Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat menegaskan pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Unsrat, tanpa perantara atau calo Mahasiswa Baru (Maba).

Menurut Prof Kumaat sapaan akrab Rektor Unsrat ini, bahwa Unsrat alergi dengan calo Maba. “Jangan coba-coba menjadi Calo Maba, karena konsekuensi fatal,” tegas Prof Kumaat.

Lanjut dikatakan Rektor yang mengukir sejarah Unsrat akreditasi A ini, tingkatkan integritas kita bersama agar supaya dalam perekrutan Maba dapat berjalan sesuai prosedur dan persyaratan yang berlaku. “Saya mohon sinergitas dari teman-teman, baik Dosen maupun Staf, untuk saling koordinasi, agar supaya tidak ada praktek calo Maba di Unsrat,” pungkas Prof Kumaat.

Untuk diketahui, lounching pendaftaran calon Maba jalur SNMPTN 12 Januari 2018, pengisian dan verifikasi PDSS 13 Januari s/d 10 Februari 2018, Pendaftaran SNMPTN 21 Februari s/d 6 Maret 2018 dan pendaftaran kembali peserta yang lulus SNMPTN 8 Mei 2018.

Disisi lain, Jubir Rektor Unsrat Hesky Stevy Kolibu mengingatkan, bahwa pihak SMA/SMK sederajat harus melakukan registrasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), sebab itu menjadi persyaratan dalam perekrutan calon Maba jalur SNMPTN. “Kiranya para Kepala Sekolah SMA/SMK dapat memfasilitasi siswanya untuk ikut SNMPTN 2018 ini,” tandas Kolibu.

Dari informasi yang diperoleh, inilah langkah-langkah dalam registrasi PDSS:
– Sekolah melakukan login ke laman http://pdss.smnptn.ac.id dengan menggunakan password sekolah. – Sekolah mengisikan data sekolah dan akreditasi.
– Sekolah mendaftarkan kelas yang diikuti oleh siswa calon lulusan 2018.
– Sekolah mengisikan data siswa setiap kelas.
(a). Pengisian data siswa harus menggunakan NISN yang terdaftar di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/
(b). Pengisian data siswa harus dimulai dari tingkat X.
– Sekolah mengisikan nilai setiap siswa, sesuai dengan kurikulum yang telah didefinisikan.
– Sekolah melakukan finalisasi PDSS dengan mengunggah surat pernyatan yang telah disediakan.
– Sekolah menerbitkan password bagi siswa setelah melakukan finalisasi.
(*/dyL)