Berita Utama DINAMIKA DAERAH

FERRY KEINTJEM : Pengelolaan Pasar Harus Menggunakan Hati Namun Tegas

Dirut PD Pasar Manado Ferry Keintjem saat berada di Kota Solo
Dirut PD Pasar Manado Ferry Keintjem saat berada di Kota Solo

INIMANADO – Dalam rangka menuju pengelolaan managemen PD Pasar yang baik dan professional, pihak DP Pasar Manado melakukan kunjungan studi banding dengan sejumlah PD Pasar di daerah lain. Dan baru baru ini daerah yang jadi tempat studi banding adalah Kota Solo.

Dalam kunjungan ini ada beberapa catatan yang menjadi pelajaran untuk diterapkan di Manado. Salah satunya system harus mengedepankan hati tetapi tetap konsisten dan tegas menetapkan aturan. Melihat Pengelolaan Pasar Tradisional di Kota Solo, bersama Pak Subagyo (Kadis Perdagangan Kota Solo) yang mengelolah Pasar Tradisional sebanyak 44 unit, jumlah pedagang sekitar 18.500 orang dan PKL sebanyak 5.700 orang. Sekaligus dengan Peninjauan Pasar Tradisional yang sudah di revitalisasi serta Pasar khusus PKL. Hasil kunjungan didapat tips untuk mengelolah Pasar harus menggunakan Hati, Tegas, Konsisten, Komitmen dan Harus sesuai Aturan. Salam Bersih Tegar.

Terkait dengan kunjungan ini, warga berharap apa yang menjadi hasil studi banding dapat diimplementasikan di Manado. Bahkan warga menyarankan hasil kunjungan kerja ini dipresentasikan ke pemkot manado dan DPRD Manado. “Sebaiknya ini disampaikan agar supaya hasil kerja dari studi banding dipertanggung jawabkan dan diimplementaiskan,” ujar pengamat pemerintahan dr Jerry Massie.(franny)