Berita Utama PENDIDIKAN

Unsrat Kukuhkan Lima Guru Besar

senat-unsrat2-768x510

InimanadoUniversitas terkemuka di Sulawesi Utara, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) kembali ketambahan lima Orang Guru Besar/Profesor. Pengukuhan lima Guru Besar tersebut dilakukan di Aula Gedung Bank Indonesia pada Kamis (2/6).

Adapun ke 5 Profesor dan judul pidato pengukuhannya adalah sebagai berikut :
Prof Dr Ir Lawrence Janneman Lucky Lumingas DEA dengan judul : Perikanan Tangkap Laut Global antara Krisis dan Harapan.
Prof Dr Ir Carolus Paulus Paruntu M.Sc dengan judul : Pengembangan Kawasan Agrotechno Berbasis Tanpa Limbah Fokus Pada Bioteknologi Perikanan dan Kelautan.
Prof Dr Ir Selvie Diana Anis MS dengan judul : Strategi Manajemen Penggembalaan Berbasis Biogeokimia Pastura Brachiaria humidicola Pada Lahan perkebunan kelapa sebagai teknologi adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.
Prof Dr Ir Julius Pontoh MS.c dengan judul : Tanamen aren sebagai tanaman super tantangan ilmu biokimia dan fisiologi untuk kemajuan teknologi.
Prof Dr Ir Jet Sartje Mandey MS dengan judul : Gedi,Feed Quality for Food Safety

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen J Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan : Jumlah Guru Besar di perguruan tinggi menjadi salah satu parameter kredibilitas perguruan tinggi. Dengan adanya Guru Besar maka iklim akademik seharusnya semakin kuat penelitian dan publikasi semakin banyak,selain itu prodi atau fakultas akan semakin di kenal dengan berbagai terobosan ilmiah.

Prestasi perguruan tinggi sangat di tentukan oleh temuan hasil pengembangan dan terlaksananya proses diseminasi Ipteks. Kampus tanpa publikasi ilmiah adalah laksana bumi yang gersang.
Universitas Sam Ratulangi mengantisipasi dengan adanya agenda penting re-akreditasi institusi serta transisi ke BLU.

Rektor berharap semua fakultas,unit kerja untuk berbenah dan cerdas dan semua harus senada dan seirama.
Di akhir sambutan Rektor mengajak untuk berkarya dan mempersembahkan yang terbaik kepada bangsa dan negara.

Gubernur Sulut yang di wakili Karo SDA Setda Propinsi Sulut Dr Frangky Manumpil dalam sambutannya mengatakan : orasi ilmiah ini merupakan suatu pengkajian dan barometer suatu kemajuan. Unsrat dapat melakukan perubahan dan tuntutan perkembangan jaman. Menurut Gubernur, untuk menjadikan Sulut Hebat, diperlukan juga orang-orang hebat untuk membangunnya. Diantaranya semakin banyaknya SDM yang menjadi profesor. (mctr)