PEMERINTAHAN PENDIDIKAN

The Championship Expo 2015 Diramaikan oleh 8 Sekolah Sulut

The Championship Expo 2015 Diramaikan oleh 8 Sekolah Sulut
Ilustrasi: PSM Unima.

inimanado.com, MANADO – Tahun ke dua di gelarnya The Championship Expo 2015 berlangsung meriah. Sebanyak sembilan sekolah yang lolos seleksi mengikuti kegiatan yang digelar oleh Ikatan Nyong-noni Unima ini. Ke delapan sekolah yang berpartisipasi adalah SMAN 1 Manado, SMA Kat. Don Bosco, SMA Kr. Eben Heazer Manado, SMAN 1 Tondano, SMA Unklab Airmadidi, SMAN 1 Tomohon, SMA KR. Tomohon, SMA Karitos Tomohon. Bertempat di Atrium Barat MTC, ratusan siswa tersebut memperebutkan piala bergilir Harley Mangindaan. Dalam sambutannya yang heboh, Harley, yang biasa disapa Ai berhasil menghidupkan semangat para siswa. “Siswa-siswi Sulut harus sehat, dahsyat, dan luar biasa…!,” katanya dengan penuh semangat yang diikuti tepuk tangan meriah dari para siswa.

Dia juga berpesan agar para siswa harus fokus belajar, dan aktif mengikuti berbagai lomba. “Waspadalah dengan situasi di Manado. Karena banyak pengaruh buruk di luar sana yang merenggut masa depan anda,” ujarnya. Inri Sugianto, selaku ketua panitia menjelaskan ada lima babak yang akan dihadapi oleh para peserta. “Babak pertama dilakukan dengan cara memilih jawaban benar dari tiga option. Babak kedua benar, dan salah. Babak ketiga x faktor, yaitu memilih faktor yang cepat dan tepat. Pada babak ini disaring 10 orang siswa untuk lanjut ke babak empat dengan cara memilih tiga clue untuk menjawab. Babak terakhir atau big five dicari lima orang peserta yang merupakan babak penentuan. Dari kelima orang ini akan ditentukan pemenang pertama hingga kelima berdasarkan poin yang dikumpulkan,” jelasnya.

Dia menambahkan kompetisi yang disponsori oleh Bank Sulut, salah satu media online di Manado, Aqua, Primagama, dan RRI adalah kompetisi individu meski masing-masing sekolah mendaftarkan lebih dari satu siswa. Hadiah yang diterima berupa uang tunai, voucher primagama, medali dan piala bergilir. “Juara satu mendapatkan piala bergilir. Ditambah uang tunai dan voucher. Medali emas, perak, dan perunggu untuk tiga besar, sementara juara empat dan lima mendapatkan uang tunai dan voucher,” ujarnya.

Dia berharap agar melalui kegiatan ini, dapat memberikan pengaruh positive bagi para siswa. “Tujuan digelarnya The Championship Expo ini adalah dalam rangka memperingati hari pendidikan. Sekaligus menjalankan visi misi Ikatan Nyong Noni Unklab yaitu maju bersama membangun negara. Mudah-mudahan event ini dapat terus kami gelar dengan dukungan dari pemerintah dan universitas,” tutupnya mengakhiri pembicaraan. (Yudi)